Jumat, 30 Januari 2009

Waspada Sosis Terbuat Dari Pewarna Pakaian Tekstil

Beberapa waktu yang lalu,Saya pernah membahas maraknya peredaran makanan-makanan siap saji seperti Nugget ayam yang berbahan dasar Ayam bangkai (Ayam Tiren),otak-otak berbahan dasar ikan busuk.Mungkin sebagian dari anda yang pernah membaca article yang pernah Saya muat masih ingat dengan topic tersebut.


Nah,kali ini Saya akan mengangkat hal yang tidak jauh dari topic tersebut,yaitu mengenai Sosis buatan home industry yang berbahan dasar Pewarna Pakaian Tekstil.Wah,sepintas kedengarannya ngeri banget,karena pastinya sangat tidak layak untuk dikonsumsi.Apalagi peredaran sosis abal2 ini lebih banyak di Sekolah2 khususnya SD,yang pastinya agak meresahkan para orang tua murid yang anaknya suka jajan di Sekolahnya.Pembuatan sosis abal2 ini hanya terbuat dari tepung biasa yang dicampur dengan air mentah yang sangat tidak hygenies dan dicampur dengan pewarna pakaian tekstil ( courtesy: Liputan Investigasi Trans TV ).Setelah dicek,oleh Laboratoriumpun kandungan dari sosis inipun sangat membahayakan,karena dalam jangka waktu panjang akan mengakibatkan Kanker hati,kerusakan Ginjal sampai menyebabkan Kematian.


Sedikit Tips yang bisa Saya berikan untuk mewaspadai peredaran sosis abal2 ini,kalau dirasakan dari teksturnya sosis ini sangat kenyal,kemasannyapun sangat sederhana hanya terbuat dari plastik es atau plastik gula yang tidak diberikan label,warnanya sedikit agak terang dari warna sosis aslinya dan kalau dipegang pewarnanya akan luntur ketangan yang menjual.


Mudah2an dengan topik yang Saya angkat kali ini memberikan wawasan bagi kita semua,sekaligus pengetahuan untuk menghindari peredaran Sosis dari pewarna pakaian tekstil ini dan jangan lupa berikan edukasi kepada anak2 anda agar bisa mewaspadainya.Semoga bermanfaat…..

9 komentar:

linda mengatakan...

wuaaaahh,,,klo denger or baca berita2 yg beginian mah tampaknya sangant sulit mencari produk2 yang asli di sekitar kita,,smuanya aja d palsuin,,smuanya d bahayain,,ga ada lagi yg bener2 original dan menyehatkan,,,

jahat bgt siy orang2 yg terlibat d dalamnya...... :(

DIN Team mengatakan...

Hi ngeri, kasihan anak2 yang suka jajan sembarang, lagi2 pemerintah kita telat

Game_Lover mengatakan...

Iya tuh...masa sosis pun udah pake pewarna pakaian, gimana dgn makanan yg laen

Makin ga aman ja makan yg sering kita konsumsi

Game_Lover mengatakan...

Dtg lagi nie mil, oia mil komen dong ke blog ku ada postingan baru tuh.

Biar rame ja yang komen kan jadi seneng gitu :D Thx ya

sarah mengatakan...

thanks for your comment..:) keep sharing...:)

andri mengatakan...

memilih makananan aat ini memang rad-2 sulit yah cuma sekedar saran piih makanan yang halal dan baik aja deh.

sarah mengatakan...

hi lidia.. how r u? good post friend! keep writing :)

tony_lin mengatakan...

hari gini mo yang asli dan segar..kayaknya musti tinggal di hutan deh

good posting..terus berkarya ya

Agnes Asih mengatakan...

Selain Sosis, Roti Juga Membuat Kanker dan Low IQ

Di Indonesia, roti diberi kimia pengembang Potassium Bromate dalam jumlah banyak, supaya roti dapat mengembang menjadi besar dalam tempo yg singkat. Semakin besar roti mengembang, roti akan semakin empuk & besar. Roti yg memakai kimia pengembang banyak juga lebih disukai orang Indonesia karena mereka menyukai roti yg besar & empuk.

Kimia pemgembang ini adalah potassium bromate, yg di banyak negara seperti di China, Nigeria, Brazil, Peru, Sri Lanka, Kanada, Eropa termasuk Inggris sudah dilarang karena menyebabkan kanker.
Zat kimia beracun ini di negara barat dijulukin pembunuh diam "The Silent Killer". Seringkali potassium bromate ini tidak dicantumkan dalam label roti, tapi disembunyikan sebagai enriched flour / "tepung yang telah diperkaya".

Karena sebelumnya telah terlanjur mendukung, di Amerika FDA masih memperbolehkan asal dalam batas yang wajar, tetapi menghimbau utk tidak dipakai. Di negara bagian Kalifornia, roti yg mengandung potassium bromate harus diberi warning label "label peringatan". CDC (Center for Disease Control and Prevention) & Center for Science sudah mengklasifikasikan potassium bromate sbg racun.

Banyak Negara melarang potassium bromate ini karena Negara2 ini menyadari kimia ini beracun & penyebab kanker, dan mereka meragukan integritas para produsen roti untuk tidak menaruh potassium bromate dalam jumlah banyak pada produk roti mereka.
Semakin banyak potassium bromate yg ditaruh dalam tepung, semakin banyak sisa toxin potassium bromate yg tertinggal dalam roti yang kita makan dan semakin besar penumpukan toxin ini dalam tubuh kita. Selain kanker, Potassium Bromate ini membuat berbagai macam masalah, seperti iodine deficiency, penyakit mental, depresi, tuli, penurunan kinerja organ jantung & sex, dll.

Roti tidak bertahan lama & tumbuh jamur bila tidak diberi kimia pengawet. Kimia pengawet ini di negara2 ber-kembang seperti Indonesia yg ber-udara lembab sering disalah gunakan, karena profit produsen roti menurun tajam, bila roti rusak dalam 1-2 hari. Ada yg menggunakan pengawet non-makanan dan ada yg memasuk-kan pengawet dalam takaran ber-kali2 lipat, yg melebihi batas maksimal yg diperbolehkan oleh undang2 supaya roti mereka bisa ber-tahan lama sekali. Zat kimia pengawet ini bila dikonsumsi terlalu banyak, apalagi bagi yg kebetulan alergi atau tidak tahan, bisa menyebabkan: kerusakan pencernaan, depresi, irritabilitas, gangguan tidur, mental retardasi, cacat otak, rusak ingatan, rusak kemampuan konsentrasi, hiperaktif, jantung ber-detak cepat, dll.

Sebaik-nya wanita hamil, menyusui dan anak kecil tak meng-konsumsi roti yg mengandung banyak kimia karena bisa mempengaruhi perkembangan anak kecil atau bayi yg dikandung atau disusui yg masih rentan.

Rice Cake (Roti Beras Kering) Bisa Menjadi Substitute Yang Lebih Baik.
Rice cake (Roti beras kering) yg dimaksud di sini adalah yg di negara barat disebut dgn "rice cake" dan banyak dijual di toko2 makanan sehat / "health food store".

Rice cake bebas dari bahan kimia tambahan / "chemical additives" apapun, seperti: artificial coloring, preservative, artificial flavor, bread improver, MSG or flavor enhancer.

Rice cake dibuat tanpa kimia pengembang, rice cake mengembang karena dipanaskan & ditaruh dalam ruang vakum. Karena kering & renyah, rice cake bisa bertahan cukup lama tanpa memakai pengawet.

Rice cake buatan local: N_asiKriuk Debbie bisa dijumpai di Jakarta:
- Supermarket Rezeki–H. Wuruk, Jkt & Karawachi; Ph: 021-3800182
- Toko Buah Total-Taman Palem Lestari; Ph: 021-5454545
- Club Sehat Jl. Cideng Barat 62B; Ph: 021-91263363
- Club Sehat Jl. Pluit Sakti Raya 33; Ph: 021-91300234
Atau dipesan melalui on line shop: Sentra Camilan Nusantara,
http://www.sentracamilannusantara.com/