Sabtu, 27 Desember 2008

Tips Waspadai Maraknya Pembobolan Rumah Menjelang Tahun Baru Beserta Modus Operandinya

Maraknya pembobolan rumah atau pencurian dirumah2 menjelang Lebaran,Natal dan Tahun Baru memang kerap kali kita dengar.Untuk itu kita sebagai penghuni rumah harus bisa mengantipasi hal2 tersebut agar tidak terjadi pada kita ataupun lingkungan sekitar tempat tinggal kita.
Ada baiknya sedikit banyak kita harus mengetahui modus operandi yang biasanya dilakukan oleh kawanan pembobol rumah dan sedikit Tips dari saya,agar kita sedikit bisa mewaspadai kemungkinan kejahatan yang terjadi walaupun kita semua tidak pernah menginginkan kejadian tersebut menimpa kita.

* Modus Operandi pengintaian Area Rumah Sasaran 1 Minggu sebelum Pembobolan Rumah dilakukan.
Tips :

1.Perhatikan orang2 yang sering kali berlalu lalang didepan rumah ataupun diarea wilayah rumah selama 1 minggu berturut2.Biasanya pelaku menyamar sebagai pemulung,berpura2 ingin mencari alamat rumah sambil menanyakan identitas si Pemilik rumah,dsb.
2.Jika ada yang anda curigai,sebaiknya laporkan sesegara mungkin ke Satpam/Security yang berjaga,RT bila perlu ke RW.Agar bisa dilakukan pengetatan tingkat keamanan.
3.Bila anda ingin meninggalkan rumah berhari2 dalam keadaan kosong.Sebaiknya titipkan ketetangga terdekat anda baik kanan,kiri ataupun depan rumah anda.Titipkan pesan agar jika ada tamu yang datang kerumah anda jangan katakan bahwa rumah anda kosong tetapi katakan mungkin orangnya sedang mandi atau keluar sebentar.

* Modus Operandi berpura2 sebagai Calon Pembeli Rumah bila Rumah anda berniat ingin dijual.
Tips :

1.Jangan memberikan keleluasaan bagi calon pembeli rumah anda untuk melihat seluruh isi rumah,terutama kamar2 yang berisi barang2 penting anda.
2.Awasi Calon Pembeli rumah anda bila perlu ikuti sedetail mungkin jangan sampe lengah untuk menghindari terjadinya pelaku bermaksud membuat kunci duplikat rumah anda.
3.Pesankan pula kepada tetangga terdekat atau seluruh penghuni rumah agar tidak menginformasikan berapa jumlah seluruh penghuni rumah anda karena biasanya kawanan pencuri rumah akan mencari tau hal tsb.

* Modus Operandi Pembobolan Rumah dengan berkedok sebagai Supir Taksi Palsu ( Tidak Berlabel dan tidak mencantumkan Identitas Pengemudi ).
Tips :

1.Jika anda kerap kali berpergian dengan menggunakan taksi jangan pernah menginformasikan kalo rumah yang anda tinggali kosong atau ada berapa anggota keluarga anda karena hal itu kerap kali akan dijadikan hal untuk memperkuat tindak kejahatan yang akan dilakukan.
2.Sebisa mungkin supir taksi jangan menunggu terlalu lama didepan rumah anda karena itu akan memberikan kesempatan bagi si Pelaku untuk mengintai keadaan disekeliling rumah.

* Modus Operandi Pembobolan Rumah dengan Hipnotis

Tips :
1.Jangan membiasakan diri anda atau anggota keluarga anda berbicara dengan orang asing karena hal itu akan memberikan kesempatan pelaku untuk menghipnotis anda atau anggota keluarga anda.
2.Usahakan pagar rumah atau pintu agar selalu terkunci tidak perlu dibuka apabila tidak dibutuhkan.
3.Berikan Ekstra pengamanan buat pagar atau pintu rumah anda,Seperti : Rantai atau Gembok ekstra.

Demikian sedikit Tips Mewaspadai Kejahatan Pencurian dan Tipe2 Modus Operandi Kejahatan Pencurian rumah yang sedang marak terjadi,semoga hal ini dapat bermanfaat dan menjadikan kita lebih waspada terhadap segala bentuk kejahatan.

2 komentar:

linda mengatakan...

iya jg yak...

seperti kaba bang napi..,
kejahatan terjadi bukan saja karena ada niat pelakunya,,tp karena adanya kesempatan...

jadi...

WASPADALAH,,WASPADALAH,,WASPADALAH...

hehehehe....

lidiainda mengatakan...

ya gitu deh....seneng2 ngerayain Tahun Baru boleh,tapi waspada juga kudu'perlu.jangan sampai pergi seneng2 eh pulangnya terbengong2 ngeliat barang2 dirumah udah pada digarep....Naudzubillah min dzalik deh...