Selasa, 25 November 2008

Nugget Ayam TIREN alias ( Mati Kemaren ) beredar ….!!

Tips dan Trik check Nugget Ayam TIREN

Makanan olahan beku siap saji seperti : Nugget dengan berbagai merek mgkn sekarang sdh bukan hal yang baru lagi.Mulai dari Nugget berbahan baku utama ayam sampai dengan ikan.Cara penyajiannyapun sangatlah simple tinggal digoreng aja terus langsung dimakan,rasanyapun gak diragukan…hmmm enak bgt.Konsumennyapun tidak hanya orang dewasa tapi juga anak2.

Tapi baru2 ini yg paling mengkhawatirkan sekarang telah beredar nugget dengan bahan baku utama ayam bangkai alias Ayam Tiren ( Ayam Mati Kemaren )…kaya judul film…hehe…Peredarannyapun tidak hanya di Supermarket2 besar,seperti yang pernah saya alami disebuah Supermarket ternama yang kebetulan produk Nugget yang dikeluarkanpun merupakan produk kadaluarsa.

Namun sekarang sudah beredar pula disekolah2 sebagai jajanan murah anak2.Ada juga otak2 ikan beku siap saji yang juga tinggal digoreng dengan berbahan baku utama ikan yang telah busuk,bahkan terkadang sudah mengandung belatung…..walahh kebayangkan jijiknya…..
Nah,makanya utk menghindari hal2 yang tidak diinginkan ada sedikit Tips nih dari gw supaya kita bisa ngebedain mana produk Nugget dan otak2 yang bener dan mana yang nggak :

  1. Tips pertama jangan membeli makanan olahan yang berkemasan tapi tidak ada ijin peredarannya atau bertuliskan Badan POM dan juga tidak ada label halalnya terutama.
    Belilah ditempat2 yang sudah kita ketahui sebelumnya atau tidak disembarang tempat.
  2. Bagi anak2 biasakanlah orang tua utk berperan dalam memberikan edukasi/informasi yang dibutuhkan bagi anak2 dan membawakan bekal makanan dari rumah bagi anak2.
  3. Kalopun sudah terlanjur membeli kita bisa membedakannya dari warnanya yang lebih pucat dari biasanya,teksturnya yang sangat kenyal dan tidak berbau ayam sama sekali hal ini bisa dbuktikan langsung dengan lalat yang tidak mau hinggap dimakanan tsb.Karena makanan tsb telah diberi zat formalin ( zat yang sangat berbahaya bagi tubuh kita ) utk menghindari bau yang menyengat akibat bangkai/busuknya bahan baku utama yang dipergunakan.

Lumayankan tipsnya…..daripada lumanyun…hehe.Mdh2an berguna yaa terutama bagi para maniak jajanan Nugget dan otak2 seperti saya.

0 komentar: