Minggu, 30 November 2008

Bravo Call Center BCA ....

  • Bravo Call Center BCA
    Tips mengatasi masalah kepanikan seputar ATM


    Dunia Call Center ato dunia Cust.Service sangat relevan dengan Customer Satisfaction / Kepuasan Pelanggan.Terutama cust yang sedang mengalami masalah terhadap produk/jasa yang dipergunakan ataupun hanya sekedar butuh info/Tanya2 aja.
    Nah,mengenai hal yang satu ini gw punya pengalaman yang cukup bikin panic tapi bisa angkat topi sekaligus salut terutama buat gw dan my mom yang kebetulan saat itu bermasalah.
    Awal ceritanya….(ceileee kaya’ sinetron2)…2 minggu setelah Lebaran bulan Okt 2008 kemarin gw dan my mom jalan2 ke Pertokoan/Plaza yang lokasinya deket dengan rumah,karena kehabisan uang tunai my mom dtg ke box ATM BCA yang ada dilokasi pertokoan tsb.Saat ingin menarik uang tunai sebesar Rp 1 juta transaksi terakhir saat itu dinyatakan sudah selesai tapi saat menunggu uang tunai keluar,mesin ATM tiba2 macet hanya keluar sedikit2 dan hanya keluar ujung kertasnya saja sekitar 0,5 cm jd gak gampang diambil uangnya.Uang yang berhasil dikeluarkanpun gak sampai Rp 1 juta,tapi hanya Rp 400 rb.Sedangkan sisanya Rp 600 rb gak muncul2 tapi dilayar ATM dinyatakan transaksi telah berhasil,cek saldo tabungan sudah berkurang Rp 1 juta sampai akhirnya kartu keluar dari dalam mesin ATM.
    Saat itu gw dan mama panic,maklum uang Rp 600 rb buat kita sangat berharga.Kebetulan disitu ada satpam yang bertugas.Kemudian gw tanyalah ke satpam (namanya jg lagi panic) “Siapa yang biasanya bertanggung jawab disini kalo ada kerusakan ATM ?ato mgkn yang bisa dihubungi ?”(mengingat lokasi ATM tidak dekat dengan Bank biasanya berkaitan dengan pihak ke3/vendor).Jawaban Si satpam hanya “TIDAK TAHU” dan sambil pergi meninggalkan gw dan mama yang lagi panic.Tolooong deh…..
    Akhirnya saat itu gw berinisiatif utk telp ke call center BCA,pertama kali telp memang agak sulit tersambung.Tapi akhirnya bisa juga tersambung.Hallo BCA,selamat siang…suara call centernya suara laki2,tapi maaf gw lupa siapa namanya.Tapi hal yang paling gw ingat,mas call centernya sangat ramah,cekatan dan sangat membantu gw banget terutama dalam kondisi panic seperti itu.Setelah diminta data dan diklarifikasi permasalahannya akhirnya mas2 call center td berjanji membantu gw dan mama dengan estimasi waktu sekitar 14 hari kerja.
    Bagi saya yang pernah bekerja sebagai call center/cust service,pelayanan yang dilakukan oleh call center td sangat baik,penjelasan yang diberikan sangat jelas dan terutama menenangkan,helpful karena sikap seperti itu yang sangat dibutuhkan oleh Customer/nasabah.Walaupun gw sadar pada saat itu gw bawel dan cerewet bgt.Tapi untunglah beliau sabar dalam menghandle gw.Kurang dari 14 hari kerja masalah yang gw dan mama alami akhirnya selesai dan akhirnya kita lega banget.
  • Tips dari gw seandainya ada yang mengalami masalah yang sama dgn yang gw alami seputar ATM :
    1. Tidak perlu panic ataupun bingung karena akan tidak mudah utk berfikir jernih dan akan mudah sekali terkena jenis kejahatan seperti hipnotis.
    2. Simpan nomor2 telp dihp/ditas yang berkaitan dengan pengaduan kartu ATM,kartu kredit,Asuransi,dsb ( in case of emergency ).
    3. Jika ingin tarik tunai terutama dalam nominal jut2…hehe..biasakanlah di ATM2 yang dekat dengan lokasi bank/berada dilok.bank yang bersangkutan agar bisa ditangani langsung oleh pihak bank.
    4. Jika anda berdua dengan teman/keluarga ato mgkn sendiri jgn pernah meninggalkan mesin ATM pada saat ada masalah dan mintalah security/satpam utk menuliskan diboxnya “bahwa ATM sedang bermasalah” utk menghindari kejahatan/kecurangan.
    5. Segeralah telp call center/pengaduan terkait.
    6. Dengarkanlah penjelasan yang diberikan oleh Cust.service,jika kurang jelas tanyakan langsung bila perlu catat hal2 yang penting.
    7. Sediakan selalu alat tulis dan kertas ditas anda.
    Mudah2an tips ini berguna yach bagi para penyimpan uang dibank/nasabah dibank manapun.
    Untuk mas Call Center Hallo BCA yang telah banyak membantu gw,Terima kasih banyak Yaa….salut buat mas…..

4 komentar:

linda mengatakan...

iih,,,serem bgt,,,
600 rebu lumayan jg tuh bikin puyeng n ga bs tidur klo d comot orang or ketelen lg d mesin ATM...

eniwei,,,thx bgt tipsnya,,,,
lumyan bikin gw sdkt bnyak tau apa yg shrsnya gw lakuin klo gw,temen or org2 trdkt gw ngalamin hal yg sama kya gt....(naudzubillah min dzalik...,,jgn sampe deh ya...)
:P

lidiainda mengatakan...

sama2....mudah2an tipsnya berguna yah.tapi lebih baik lagi sih jangan sampe kejadian....

zona usaha mengatakan...

Teman saya juga pernah mengalami hal yang serupa dengan ATM BCA, tapi itu sudah beberapa tahun lalu. Dia ambil uang di ATM BCA tapi yang keluar gak ada separonya. Hanya saja untuk kasus teman saya tersebut, uang yang hilang pergi untuk selama-lamanya huu...huuu.... Sampe sekarang saya masih parno ketika ambil uang di ATM dalam jumlah banyak. Semoga dengan kejadian yang dialami oleh Mbak Lidia mengindikasikan bahwa sistem BCA sekarang sudah lebih dari waktu itu.

Hendy mengatakan...

makasih..infonya berguna sekali mba...